Klinik Kepustakawanan, Inovasi Baru Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banyuwangi

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp

Klinik Kepustakawanan, Inovasi Baru Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banyuwangi

Banyuwangi – Klinik Kepustakawanan (KLiK) hadir sebagai inovasi baru dalam peningkatan layanan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banyuwangi pada Tahun 2021.

KLiK merupakan ruang berbagi pengetahuan antara pustakawan dan pemustaka dalam kegiatan pengelolaan perpustakaan, pelayanan perpustakaan, dan pengembangan sistem kepustakawanan. Dalam klinik ini, layanan yang baru tersedia meliputi Bimbingan Literasi Informasi, Bimbingan Pengolahan Bahan Pustaka (Buku), dan Bimbingan Penggunaan Otomasi Perpustakaan berbasis INLISLite.

Apa itu Klinik Kepustakawanan(KLiK)?

Menurut Pustakawan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banyuwangi, Yusup Khoiri, “KLiK ini menjembatani kebutuhuan informasi antara Pustakawan dan Pemustaka secara imbal balik. Pustakawan bisa memberikan informasi yang dibutuhkan oleh Pemustaka, pun sebaliknya pemustaka dapat memberikan informasi yang dibutuhkan oleh pustakawan”. Layanan KLiK bisa diakses oleh siapapun, baik itu pemustaka secara pribadi ataupun dari Lembaga. “Masyarakat, pustakawan sekolah maupun Lembaga perpustakaan boleh berperan aktif dalam layanan KLiK ini ” lanjut Yusup.

Klinik Kepustakawanan ini menyediakan ruang berbagi pengetahuan, baik secara online maupun offline. Layanan ini diberikan oleh Pustakawan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banyuwangi kepada Pemustaka. Layanan diskusi dan bimbingan dalam klinik ini bisa diakses pada hari kerja mulai pukul 08.00 WIB s.d. 15.00 WIB, hari Senin s.d. hari Jumat.

Ruang diskusi klinik kepustakawanan tidak terbatas. Pemustaka bisa berdiskusi atau melakukan bimbingan melalui layanan KLiK pada website ataupun bisa secara langsung di Perpustakaan Daerah Kabupaten Banyuwangi. Sehingga diskusi bisa dilaksanakan dimana saja dan sesuai dengan jam layanan yang telah ditentukan. “Ketika pemustaka lokasinya jauh dari Perpustakaan Daerah, mereka bisa berkirim pesan melalui Contact Form yang disediakan dalam Web Dinas, yang mana bisa redirect ke akun WhatsApp (WA) KLiK. Namun Ketika Pemustaka lokasinya tidak jauh dengan Perpustakaan Daerah, mereka bisa langsung datang ke Klinik pada jam yang telah ditentukan”  imbuh Yusup.

Pemustaka dapat mengisi contact form diskusi yang disediakan pada  layanan KLiK melalui laman website yang disertai dengan pilihan layanan bimbingan yang dibutuhkkan. Setelah pengisian contact form  permohonan selesai, admin akan membalas melalui email atau WhatsApp yang sudah digunakan untuk registrasi. Selanjutnya pustakawan akan memberikan informasi-informasi yang dibutuhkan oleh pemustaka.

Tenaga IT pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banyuwangi, Ramadian T Laksana menjelaskan, “Untuk mengakses layanan KLiK ini, Pemustaka cukup mengakses melalui Website Dinas Perpustakaan dan Kearsipan  Kabupaten Banyuwangi. Nah, pada halaman utama website ada layanan One Clicks Services, disitu ada menu layanan KLiK, itu tinggal di klik aja, lalu pemustaka tinggal mengisi form yang sudah disediakan dengan materi bimbingan yang dibutuhkan, maka nanti hasil form yang mereka isi akan diterima otomatis oleh Admin dan Pemustaka sendiri. Selain itu form yang tadi diisi juga langsung masuk ke Nomor WhatsApp Layanan KLiK, semakin memudahkan dan menghemat waktu untuk lebih cepat menjawab kebutuhan informasi yang Pemustaka butuhkan tadi”. Dalam layanan KliK ini juga diberikan layanan jarak jauh jika membutuhkan layanan teknis yang berkaitan dengan Otomasi Perpustakaan berbasis Inlislite. “Selain itu, dari teknis sendiri jika ada yang konsultasi terkait aplikasi otomasi Perpustakaan berbasis INLISLite, dengan kondisi jarak yang jauh dari Perpustakaan Daerah, maka saya dan team akan melakukan bimbingan secara remote desktop atau jarak jauh” pungkas Rama.

Maksud kehadiran KLiK sendiri untuk memudahkan Pemustaka memperoleh informasi tentang perpustakaan dan memudahkan akses bagi pengelola perpustakaan yang ada di Kabupaten Banyuwangi  untuk memperoleh informasi Kepustakawanan. Munculnya KLiK berawal dari banyaknya pengelola perpustakaan sekolah yang ingin mendapatkan bimbingan tentang perpustakaan baik itu dilakukan melalui WhatsApp, tatap muka, dan secara private ataupun klasikal. Dengan adanya inovasi ini, bisa memudahkan transfer ilmu terkait dengan perpustakaan dan  kepustakwanan, serta dapat mendorong literasi masyarakat Banyuwangi.

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp

Apa Reaksi Anda?

Download Aplikasi Budiwangi!

Nikmati Cara Mudah dan Menyenangkan Membaca Buku Dalam Genggaman.

Download Aplikasi Budiwangi!

Nikmati Cara Mudah dan Menyenangkan Membaca Buku Dalam Genggaman.