Laksanakan SSKCKR, Dispusip Banyuwangi Serahkan Terbitan Tahun 2021

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp

Laksanakan SSKCKR, Dispusip Banyuwangi Serahkan Terbitan Tahun 2021

Surabaya – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banyuwangi (Dispusip Banyuwangi) telah melaksanakan Serah Simpan dan Karya Cetak Karya Rekam (SSKCKR) terbitan tahun 2021 kepada Perpustakaan  Provinsi Jawa Timur (Disperpusip Jatim), selasa 22/03/2022.

Buku Katalog Naskah Kuno Banyuwangi dan Buku Lontar Hadis Dagang yang merupakan terbitan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banyuwangi pada tahun 2021, diserahkan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banyuwangi, Zen Kostolani kepada Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur sebagai tindak lanjut dari amanah Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2018 Tentang Serah Simpan Karya Cetak Dan Karya Rekam, Pasal 4 Ayat (1) Setiap Penerbit wajib menyerahkan 2 (dua) eksemplar dari setiap judul Karya cetak kepada 1 (satu) Perpustakaan Nasional dan 1 (satu) eksemplar kepada Perpustakaan Provinsi tempat domisili Penerbit. Penyerahan dilakukan di Novotel Samator Surabaya. Momen ini bersamaan dengan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Optimalisasi Pelaksanaan Kepmendagri 050-5889 tahun 2021 dalam mendukung IKK urusan Perpustakaan dan Kearsipan.

Momen ini disambut hangat oleh Kepala Disperpusip Jatim, Tiat S. Suwardi sebagai bentuk implementasi pelaksanaan UU SSKCKR oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banyuwangi kepada Perpustakaan Provinsi Jawa Timur. Karena sebagai Instansi Pemerintah sekaligus penerbit, Dispusip Banyuwangi telah memberikan contoh dalam melaksanakan kewajiban penerbit kepada Perpustakaan Provinsi untuk menyerahkan 1 (satu) eksemplar terbitannya.

Selain Perpustakaan Nasional, Perpustakaan Provinsi mempunyai tugas untuk menghimpun, menyimpan, melestarikan, dan mendayagunakan seluruh karya cetak dan karya rekam yang dihasilkan di wilayahnya, pada hal ini Wilayah Jawa Timur. Karena salah satu tujuan Pelaksanaan SSKCKR adalah untuk melestarikan karya anak bangsa sebagai khazanah budaya dan keilmuan.

Penyerahan buku pada sore ini merupakan kali kedua Dispusip Banyuwangi menyerahkan terbitannya ke Disperpusip Jatim. Sebelumnya, Lontar Sri Tanjung : Kidung Kuno Ujung Timur Jawa karya Wiwin Indiarti dan Anasrullah yang merupakan hasil terbitan perdana Dispusip Banyuwangi pada tahun 2020 yang sudah mengawali proses penyerahan karya cetak kepada Perpustakaan Provinsi dan Perpustakaan Nasional. Hal ini merupakan wujud komitmen Dispusip Banyuwangi pada Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2018 dalam hal ikut berupaya menjaga hasil karya anak bangsa khususnya karya masyarakat lokal Banyuwangi.

Katalog Naskah Kuno Banyuwangi dan lontar Hadis Dagang merupakan buku terbitan Dispusip Banyuwangi dengan menggandeng Penulis sekaligus penterjemah Naskah Kuno, Wiwin Indiarti dan Anasrullah beserta Tim. Katalog Naskah Kuno Banyuwangi menyajikan himpunan hasil identifikasi naskah-naskah kuno yang ada di Banyuwangi. Tersusunnya katalog ini dimaksudkan untuk mengenalkan kepada masyarakat tentang ragam, isi, sejarah dan hal-hal yang terkandung dalam sebuah naskah. Terbitnya buku ini merupakan sumbangsih penting untuk menelisik lebih jauh terkait sejarah, budaya dan literasi Banyuwangi di masa lalu sebagai sebuah warisan budaya yang amat bernilai. Sedangkan Lontar Hadis Dagang mengisahkan perjalanan dagang Nabi Muhammad SAW.  yang dianggit dalam untaian tembang, merentangkan kisah peneguhan iman akan kemuliaan dan keagungan Tuhan. Naskah yang masih hidup dalam tradisi lisan ritual pelantunan tembang di Banyuwangi ini telah disajikan dalam bentuk transliterasi dan terjemahan sehingga menarik untuk memantik kajian terkait sejarah, seni, budaya, tradisi dan sistem kepercayaan masyarakat lokal. Kedua buku ini juga diterbitkan dalam bentuk elektronik dan bisa diakses melalui laman https://ebook.banyuwangikab.go.id/.

Dengan dilaksanakannya penyerahan karya cetak ini diharapkan dapat tersimpan dan dilestarikannya karya-karya anak bangsa khusunya karya masyarakat Banyuwangi sebagai bentuk kekayaan yang bisa diwariskan pada keturunan selanjutnya.

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp

Apa Reaksi Anda?

Download Aplikasi Budiwangi!

Nikmati Cara Mudah dan Menyenangkan Membaca Buku Dalam Genggaman.

Download Aplikasi Budiwangi!

Nikmati Cara Mudah dan Menyenangkan Membaca Buku Dalam Genggaman.