Pegiat Literasi Naskah Kuno Banyuwangi, Menerima Penghargaan Pada Harjaba ke-250

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp

Pegiat Literasi Naskah Kuno Banyuwangi, Menerima Penghargaan Pada Harjaba ke-250

Kabupaten Banyuwangi memperingati hari jadinya yang ke-250 pada 18 Desember 2021. Perayaan Hari jadi Banyuwangi (HARJABA) dilaksanakan di Pendopo Sabha Swagata Blambangan secara hybrid. Salah satu agenda dari kegiatan tersebut adalah pemberian penghargaan kepada insan Banyuwangi yang berprestasi dan berkontribusi positif bagi daerah.

Wiwin Indiarti, salah satu tokoh literasi naskah kuno di Banyuwangi, turut menerima penghargaan dalam perayaan HARJABA 2021 kategori pelestari naskah kuno. Penghargaan tersebut diterima atas kiprahnya dalam preservasi naskah kuno yang ada di Kabupaten Banyuwangi.

Persentuhan Wiwin Indiarti dalam dunia naskah kuno di Banyuwangi diawali tahun 2018 saat ia menerbitkan buku “Lontar Yusup Banyuwangi: Teks Pegon – Transliterasi – Terjemahan”. Keberadaan buku ini sangat penting karena menjadi media ajar bagi para generasi muda yang ingin belajar mocoan (sebuah seni tradisi ritual pelantunan tembang cara Osing). Usaha Wiwin Indiarti dalam mempopulerkan dan merintis pewarisan Mocoan Lontar Yusup di kalangan Milenial, menjadi nilai penting dalam penetapan Mocoan Lontar Yusup Banyuwangi sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Nasional pada tahun 2019.

Ia juga mempelopori kegiatan pelantunan tembang lintas budaya Babad Tawangalun yaitu sebuah pembacaan naskah kuno dalam ragam tembang cara Osing (mocoan), Jawa (macapatan), Madura (mamaca) dan Bali (mabasa). Pada 2019, Wiwin Indiarti dipercaya menjadi Academic Expert Assistant Program Digitalisasi Naskah Kuno Banyuwangi oleh DREAMSEA (Digital Repository of Endangered and Affected Manuscripts in Southeast Asia). Melalui program ini, naskah-naskah kuno Banyuwangi dalam bentuk digital bisa diakses secara bebas dan dikenal lebih luas.

Beberapa karyanya terkait naskah kuno dan kebudayaan di Banyuwangi mendapat berbagai penghargaan. Pada tahun 2019, karyanya “Babad tawangalun: Wiracarita Pangeran Blambangan dalam Untaian Tembang” mendapat penghargaan karya terpilih Program Alih Aksara, Alih Bahasa, Saduran, dan Kajian Naskah Kuno Nusantara Berbasis Kompetisi yang diadakan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI). Pada tahun 2020 dua bukunya, “Lontar Yusup Banyuwangi” dan “Olah Rasa Ujung Timur Jawa” mendapatkan penghargaan dari LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) sebagai karya terpilih Program Akuisisi Kearifan Lokal yang diadakan LIPI Press.

Atas usahanya dalam pelestarian naskah kuno dan tradisi pelantunan tembang dalam masyarakat Osing, pada tahun 2020 ia mendapatkan anugerah penghargaan UGM Alumni Awards, kategori Pelopor Pelestari Kebudayaan, dari Universitas Gadjah Mada.

Ia dipercaya oleh Bappeda Propinsi Jawa Timur menjadi Tim Penyusun Dossier Geopark Ijen (2020) dan Masterplan Geopark Ijen (2021). Ia juga dipercaya oleh Bappeda Kabupaten Banyuwangi menjadi Tim Penyusun Peta Jalan Pemajuan Kebudayaan Kabupaten Banyuwangi (2021). Tahun 2021 ia bersama Universitas PGRI Banyuwangi (UNIBA) sebagai Host Institution mendapatkan hibah the Endangered Archives Programme (EAP) dari British Library untuk Program Identifikasi dan Digitalisasi Manuskrip Kuno Se-Tapal Kuda selama 1 tahun (Agustus 2021-Agustus 2022).

Sejak tahun 2020 Wiwin Indiarti bersama Anasrullah, suaminya, dipercaya oleh DISPUSIP Banyuwangi menginisiasi program transliterasi dan penerjemahan naskah kuno Banyuwangi. Program ini telah menghasilkan tiga buku, yaitu “Lontar Sri Tanjung: Kidung Kuno Ujung Timur Jawa” (DISPUSIP Banyuwangi, 2020), “Lontar Hadis Dagang” (DISPUSIP Banyuwangi, 2021) dan “Katalog Naskah Kuno Banyuwangi” (DISPUSIP Banyuwangi, 2021).

Usaha dan kontribusinya dalam preservasi naskah kuno Banyuwangi serta upayanya mengenalkan khazanah naskah kuno Banyuwangi di forum-forum nasional maupun internasional membuahkan penghargaan Insan Banyuwangi Berprestasi Kategori Pelestari Naskah Kuno pada Perayaan HARJABA 2021. (Wi)

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp

Apa Reaksi Anda?

Download Aplikasi Budiwangi!

Nikmati Cara Mudah dan Menyenangkan Membaca Buku Dalam Genggaman.

Download Aplikasi Budiwangi!

Nikmati Cara Mudah dan Menyenangkan Membaca Buku Dalam Genggaman.