Pemerintah Kabupaten Banyuwangi Memiliki Perpustakaan Khusus Hukum

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp

Pemerintah Kabupaten Banyuwangi Memiliki Perpustakaan Khusus Hukum

Banyuwangi – Pemerintah Kabupaten Banyuwangi memiliki Perpustakaan Hukum yang dikelola oleh Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Banyuwangi.

Perkembangan ilmu pengetahuan yang begitu pesat utamanya dalam bidang teknologi, hukum, sosial, dan budaya membuat masyarakat dari berbagai kalangan dan latar belakang membutuhkan sumber informasi yang terbaru dan akurat. Pemerintah Kabupaten Banyuwangi menangkap momentum ini sebagai sebuah peluang untuk melahirkan inovasi. Melalui Bagian Hukumnya, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi membangun Perpustakaan Hukum Banyuwangi. “Dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Banyuwangi memiliki komitmen melayani masyarakatnya dengan sepenuh hati, dengan menyediakan secara khusus Perpustakan Hukum Banyuwangi guna memenuhi kebutuhan informasi hukum masyarakatnya yang dikelola langsung oleh Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Banyuwangi”, ungkap Kepala Sub Bagian Dokumentasi dan Informasi, Evy Aria Lestari, SH., MM.

Perpustakaan Hukum Banyuwangi juga mewujud dalam bentuk Perpustakaan Digital dengan memanfaatkan Teknologi Informasi untuk menciptakan wajah baru sebuah perpustakaan hukum digital guna menarik minat kunjung Pemustaka khususnya bagi kaum milenial. “Pembangunan Perpustakaan Hukum Banyuwangi ini selain untuk menarik minat kunjung, juga bertujuan untuk menyediakan pusat layanan konsultasi dan penyediaan informasi hukum bagi masyarakat yang aman, nyaman, lengkap dan akurat juga menarik untuk dikunjungi. Selain itu penyediaan ruang baca yang nyaman disertai dengan layanan free wifi juga menjadi salah satu kelebihan yang kami sediakan pada perpustakaan hukum kami,” pungkasnya.

Perpustakaan Hukum Banyuwangi masuk dalam kategori Perpustakaan Khusus. Didalamnya berisi koleksi yang berkaitan dengan Hukum diantaranya Peraturan Perundang-undangan Republik Indonesia beserta turunannya dan peraturan yang dibuat oleh Pemerintah Kabupaten Banyuwang atau yang biasa dikenal dengan Produk Hukum Daerah. Yang menarik dari Perpustakaan yang dikelola oleh Bagian Hukum ini adalah koleksinya yang berisi antara lain Peraturan Daerah (Perda), Peraturan Bupati (Perbup), Keputusan Bupati dan peraturan turunannya yang merupakan identitas kekhususan dari perpustakaan ini. Masyarakat bisa dengan mudah mendapatkan referensi Peraturan yang berlaku di Kabupaten Banyuwangi.

Menurut Yusup Khoiri, Pustakawan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banyuwangi yang melakukan kunjungan ke Perpustakaan tersebut (30/03/2021) menyampaikan ”berdasarkan Undang-undang nomor 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan, Perpustakaan Hukum Banyuwangi ini masuk kategori Perpustakaan Khusus karena perpustakaan ini diperuntukkan secara terbatas bagi pemustaka yang membutuhkan referensi hukum yang berlaku di Banyuwangi dan karena koleksinya juga khusus terkait dengan konten-konten hukum”. Masih menurut Yusup, ”dalam pengelolaannya pun Perpustakaan Khusus ini, harus berpedoman pada Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Standar Nasional Perpustakaan Khusus”.

Pengelolaan Perpustakaan Bagian Hukum ini dilakukan oleh satu orang tenaga THL yang memiliki kemampuan IT, satu orang tenaga THL  sebagai tenaga administrasi dan dua orang PNS yang bertugas mengolah koleksi yang dimiliki. Khusus untuk koleksi yang baru dibeli berupa buku, maka akan diolah menggunakan teknik tertentu dengan kode tertentu yang sudah berlaku di Perpustakaan Hukum Banyuwangi.

Untuk dapat mengakses koleksi yang ada, Pemustaka bisa secara online mengisi form yang disediakan pada laman Form Pinjam Buku. Pada form yang disediakan, pemustaka diminta mengisi nama lengkap, alamat sesuai KTP, nomor telepon/HP, email, dan pesan yang diisi sesuai dengan judul koleksi yang akan dipinjam. Setelah pengisian selesai, petugas Perpustakaan akan mencarikan koleksi yang dipesan dan disiapkan untuk dilayankan ketika Pemustaka hadir untuk mengambil buku pesanannya.

Selain memiliki Perpustakaan khusus dalam bentuk fisik, Bagian Hukum juga mengembangkan Perpustakaan digital dalam bentuk e-book. Perpustakaan digital dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat Banyuwangi pada laman Katalog Perpustakaan Hukum. Untuk dapat mengakses koleksi digital ini, Pemustaka tinggal membuka halaman tersebut dan mencari koleksi yang dibutuhkan.

Dengan adanya Perpustakaan khusus ini, masyarakat dimudahkan untuk mengakses informasi dan referensi terkait dengan hukum dan Produk Hukum Daerah yang berlaku di Banyuwangi. Layanan Perpustakaan khusus dibuka pada hari kerja Senin s.d. Jumat mulai pukul 07.00 WIB s.d. 15.00 WIB. Sedangkan layanan Perpustakaan digitalnya tersedia selama 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu.

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp

Apa Reaksi Anda?

Download Aplikasi Budiwangi!

Nikmati Cara Mudah dan Menyenangkan Membaca Buku Dalam Genggaman.

Download Aplikasi Budiwangi!

Nikmati Cara Mudah dan Menyenangkan Membaca Buku Dalam Genggaman.