Pengusaha Muda Malang Menghibahkan Buku Karyanya ke Perpusda Banyuwangi

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp

Pengusaha Muda Malang Menghibahkan Buku Karyanya ke Perpusda Banyuwangi

Arvendo Mahardika, S.Pd., PMEC, seorang Direktur sekaligus pendiri bisnis rintisan (start-up) bernama Birudeun Creative Agency, menghibahkan hasil karyanya yang berjudul “Digitalkan Usahamu dengan Instagram” kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banyuwangi.

Pandemi Covid-19 yang berkepanjangan tak lantas menyurutkan semangat untuk berkarya. Terbukti, Rabu (24/3/2021) Arvendo menghibahkan buku rilisan Penerbit Nanopedia Jember tersebut kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banyuwangi. Penyerahan dilakukan di Hotel Aria Gajayana Malang dan diterima oleh Yusup Khoiri, salah satu Pustakawan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banyuwangi yang saat itu sedang mengikuti kegiatan Rakor Pengembangan Pelayanan Perpustakaan yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur.

Menurut Arvendo, penyerahan buku ini direncanakan dikirim melalui jasa pengiriman. ”Sebenarnya kami akan mengirimkan karya kami ini melalui jasa pengiriman saja, tetapi karena saya mendapat informasi bahwa ada orang Perpusda Banyuwangi yang sedang di Malang, maka penyerahannya pun kami lakukan secara langsung di Hotel Aria Gajayana Malang” ungkapnya.

Perpustakaan Daerah Kabupaten Banyuwangi dipilih menjadi salah satu penerima hasil karya perdana ini karena di Kabupaten Banyuwangi banyak tumbuh UMKM baru seiring perkembangan Banyuwangi yang sangat pesat. ”Saya memilih Perpusda Banyuwangi untuk menerima karya saya ini karena saya mengetahui bahwa perkembangan Wisata Banyuwangi beserta UMKMnya sangat luar biasa selama sepuluh tahun terakhir. Dan menurut saya masyarakat Banyuwangi harus tahu dan harus membaca buku saya ini” ungkap Arvendo.

Buku ini mengulas mengenai alasan memilih platform Instagram sebagai media pemasaran online, memberikan inspirasi untuk pengusaha terkait konten apa saja yang bisa diunggah, membuat Instagram bisnis terlihat menarik, memberikan contoh membuat caption yang memikat, hingga membedah insight Instagram sebagai bahan evaluasi konten usaha yang dilakukan. Disajikan dalam bentuk langkah-langkah praktis terkait konten, promosi, dan hal substansial lainnya di media sosial Instagram, membuat buku ini lebih mudah dipahami dan diaplikasikan oleh para pegiat UMKM.

Untuk diketahui bahwa Arvendo adalah seorang Direktur sekaligus pendiri bisnis rintisan (start-up) bernama Birudeun Creative Agency. Bisnis rintisan tersebut bergerak dalam bidang Digital Marketing & Social Media Agency. Berbekal pengalaman Arvendo selama kurang lebih 5 tahun dalam mengelola konten media sosial, ia dan tim Birudeun Creative Agency merilis buku “Digitalkan Usahamu dengan Instagram” untuk membantu para pegiat UMKM mengembangkan bisnis jasa dan produk lewat media sosial Instagram.

Melalui rilisan perdana ini, Arvendo berharap dapat melahirkan karya-karya lainnya yang nyata berdampak bagi masyarakat. “Besar harapan agar saya dapat terus melahirkan karya-karya nyata berdampak lainnya. Bagi saya, karya adalah bentuk input, nyata adalah bentuk output, dan ‘berdampak’ adalah bentuk outcome. Sehingga rilisan karya saya tidak hanya nyata berbentuk, tapi juga harus memberikan dampak kepada masyarakat”, lanjut Arvendo.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banyuwangi menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Arvendo dan Tim atas pemberian hibah buku ini. ”Saya atas nama Dinas, mengapresiasi atas kepedulian Mas Arrvendo dan Tim atas kepeduliannya kepada Perpustakaan dan litersi di Banyuwangi dengan memberikan hibah buku yang sangat bagus ini” ungkap Yusup.   ”Di tengah geliat bisnis yang ada dalam masyarakat, semoga Arvendo dan Tim Birudeun Creative Agency dapat memberikan kontribusi terbaik bagi masyarakat melalui karya-karya yang dihasilkan,” lanjutnya.

Oleh: Ameylia Firza Tamara, S.I.Kom

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp

Apa Reaksi Anda?

Download Aplikasi Budiwangi!

Nikmati Cara Mudah dan Menyenangkan Membaca Buku Dalam Genggaman.

Download Aplikasi Budiwangi!

Nikmati Cara Mudah dan Menyenangkan Membaca Buku Dalam Genggaman.