Penuhi Kewajiban UU RI No 13 Tahun 2018, DISPUSIP Banyuwangi Serahkan Hasil Terbitannya ke Perpusnas RI

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp

Penuhi Kewajiban UU RI No 13 Tahun 2018, DISPUSIP Banyuwangi Serahkan Hasil Terbitannya ke Perpusnas RI

Jakarta – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kabupaten Banyuwangi serahkan terbitan Tahun 2021 ke Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI), Selasa (29/03/2022)

Sebagai tindak lanjut dari amanah Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2018 Tentang Serah Simpan Karya Cetak Dan Karya Rekam, Pasal 4 Ayat (1) Setiap Penerbit wajib menyerahkan 2 (dua) eksemplar dari setiap judul Karya cetak kepada Perpustakaan Nasional dan 1 (satu) eksemplar kepada Perpustakaan Provinsi tempat domisili Penerbit, Buku Lontar Hadis Dagang dan Buku Katalog Naskah Kuno Banyuwangi yang merupakan terbitan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banyuwangi, diserahkan oleh Zen Kostolani, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banyuwangi sebagai Penerbit kepada Direktur Deposit dan Pengembangan Koleksi Perpustakaan, Emyati Tangke Lembang. Penyerahan bersamaan dengan Kegiatan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Perpustakaan tahun 2022  pada Selasa 29 Maret 2022 di Hotel Grand Bidakara Jakarta.

Dalam UU RI No. 13 Tahun 2018 ini, Perpusnas RI mempunyai tugas menghimpun, menyimpan, melestarikan, dan mendayagunakan hasil karya anak bangsa yang sangat penting dalam menunjang pembangunan nasional khususnya dalam kemajuan intelektual bangsa, referensi dalam bidang pendidikan, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, penelitian dan penyebaran informasi, serta pelestarian kebudayaan nasional. Karya cetak tersebut juga sebagai alat telusur terhadap catatan sejarah,  jejak perubahan,  peradaban dan perkembangan bangsa.

Sebagai penerbit yang berada di lingkungan pemerintah, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banyuwangi telah tunaikan salah satu kewajibannya dalam Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam (SSKCKR). Hal ini sebagai sumbangsih Pemerintah Kabupaten Banyuwangi terhadap kekayaan pengetahuan lokal yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber literatur dalam pengembangan ilmu pengetahuan secara nasional .

Buku Lontar Hadis Dagang dan Buku Katalog Naskah Kuno Banyuwangi merupakan terbitan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banyuwangi tahun 2021. Kedua buku ini menjadi bukti kepedulian pemerintah terhadap pelestarian warisan pengetahuan tertulis masa lampau di Banyuwangi.

Buku Lontar Hadis Dagang merupakan hasil transliterasi dan terjemahan dari Manuskrip Kuno Banyuwangi. Buku ini sebagai salah satu khazanah intelektual, literasi, sejarah dan sastra Banyuwangi yang kini tetap hidup dan berfungsi di tengah-tengah komunitas masyarakatnya. Pula, menjadi warisan nilai-nilai agama yang terkandung dalam manuskrip tersebut.

Sedangkan  Katalog Naskah Kuno adalah daftar rangkuman katalog manuskrip yang ada di Banyuwangi. Dari buku ini kita akan tau ragam naskah yang berhasil direkam, baik dari ragam bahasa, aksara, isi, asal usul dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Katalog ini juga menjadi sumber rujukan bagi siapa yang punya atensi lebih pada manuskrip kuno Banyuwangi.

Momen Penyerahan buku ini merupakan saat yang ditunggu oleh Kepala Dispusip Banyuwangi untuk bisa diskusi secara langsung akan perkembangan kegiatan penerbitan oleh Dispusip Banyuwangi. Zen meminta dukungan kepada Ibu Direktur akan kegiatan ini, “mohon dukungan dan bimbingan kepada kami Bu untuk kegiatan penerbitan ini, semoga ini terus berkelanjutan”. Gayung bersambut, Direktur Deposit dan Pengembangan Koleksi Perpustakaan menyambut baik kegiatan positif Dispusip Banyuwangi untuk terus menerbitkan karya-karya dalam bentuk buku hasil literasi masyarakat Banyuwangi.

Banyak harapan dari kegiatan ini, dengan adanya kontinuitas penerbitan karya lokal yang juga disimpan dan dilestarikan, maka akan menjadi jejak rekam kekayaan intelektual yang dapat diwariskan pada generasi selanjutnya.

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp

Apa Reaksi Anda?

Download Aplikasi Budiwangi!

Nikmati Cara Mudah dan Menyenangkan Membaca Buku Dalam Genggaman.

Download Aplikasi Budiwangi!

Nikmati Cara Mudah dan Menyenangkan Membaca Buku Dalam Genggaman.