Perpusda Banyuwangi miliki Lare Osing

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp

Perpusda Banyuwangi miliki Lare Osing

Banyuwangi – Layanan Referensi Online Singkat (Lare Osing) hadir sebagai inovasi baru dalam peningkatan layanan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banyuwangi di Tahun 2021.

Lare Osing hadir terpaut sebulan menyusul setelah layanan Klinik Kepustakawanan (Klik) lahir. Layanan ini merupakan salah satu layanan Perpustakaan Umum Kabupaten Banyuwangi yang memberikan fasilitasi kepada Masyarakat, Mahasiswa, Guru dan Dosen (pemustaka) yang sedang membutuhkan referensi berupa jurnal ilmiah baik dari dalam maupun luar negeri. Ketika kebutuhan akan jurnal dari mahasiswa meningkat, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banyuwangi melahirkan ide untuk melayani pemustaka dengan memanfaatkan e-resources Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Yusup Khoiri, Pustakawan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banyuwangi menyampaikan bahwa konsep dari layanan ini adalah memberikan bimbingan kepada Pemustaka untuk bisa mengakses e-resources Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

”Perpusnas memiliki e-resources yang berisi ribuan jurnal ilmiah baik dari dalam maupun luar negeri yang sudah dilanggan. Kalau tidak dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat se Indonesia, sangat eman sekali. Atas dasar itu Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banyuwangi berinisiatif membuat layanan khusus penelusuran jurnal yang diberi nama Lare Osing yang merupakan akronim dari Layanan Referensi Online Singkat” ungkap Yusup.

Lare osing ini lahir untuk memberikan pengetahuan lebih kepada Pemustaka dengan memberikan panduan pencarian informasi secara online dari sumber-sumber tertentu yang menyediakan koleksi digital berbentuk jurnal ilmiah. Pemustaka yang hadir akan dibimbing bagaimana caranya mendapatkan jurnal ilmiah yang dibutuhkan, kemudian dibimbing juga untuk membuat kutipan langsung dari situs penyedianya. Menurut Meira Kusuma Irawati beserta tiga orang rekannya yang merupakan warga Banyuwangi yang sedang menempuh Pendidikan Tinggi di Malang dan Jember menyatakan bahwa layanan referensi yang diberikan Perpusda sangat bermanfaat dan banyak sekali ilmu baru yang didapatkannya.

”kami berempat berkesempatan mencoba layanan referensi singkat online ini di Klinik Kepustakawanan Perpusda Banyuwangi, dan alhamdulillah mendapatkan bimbingan yang sangat baik dari Pak Yusup. Kami mendapat ilmu baru dan pengalaman baru dalam mencari referensi dalam bentuk jurnal ilmiah. Kami diajari cara penelusuran informasi, diajari membuat sitasi dan diajari pula cara menerjemahkan secara online jurnal yang kami unduh” ungkap Meira dan di-aamiin-kan pernyataan itu oleh Oktavia, Rachel dan Santi yang berkesempatan mencicipi layanan baru tersebut (16/04/2021).

Lare Osing merupakan bentuk kepedulian dan tanggung jawab Perpusda Banyuwangi dalam memenuhi kebutuhan pemustakanya sekaligus mempromosikan layanan e-resources Perpustakaan Nasional. Untuk bisa memperoleh layanan ini, Pemustaka harus datang ke ruang Klinik Kepustakawanan, kemudian mengisi formulir permohonan konsultasi. Kemudian pemohon akan dibimbing cara memperoleh Kartu Anggota Perpusnas, menelusur situs e-resources Perpusnas, memilih informasi yang benar dan tepat, menerjemahkan jurnal yang dipilih dan yang paling akhir dibimbing cara membuat sitasi/kutipan secara cepat dan tepat.

Lare Osing membuka layanan pada jam kerja mulai pukul 08.00 s.d. 15.00 WIB bertempat di Ruang Klinik Kepustakawanan (Ruang Referensi) Dinas perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banyuwangi Jl. Jaksa Agung Suprapto nomor 43 Banyuwangi. Siapapun dapat mengakses layanan ini secara gratis dan dibimbing oleh Pustakawan yang profesional dalam waktu singkat.

”siapapun bisa mengakses layanan ini dengan mudah dan akan kami bimbing secara profesional, cepat dan tepat sesuai dengan kebutuhan informasi yang dibutuhkan” pungkas Yusup.

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp

Apa Reaksi Anda?

Download Aplikasi Budiwangi!

Nikmati Cara Mudah dan Menyenangkan Membaca Buku Dalam Genggaman.

Download Aplikasi Budiwangi!

Nikmati Cara Mudah dan Menyenangkan Membaca Buku Dalam Genggaman.