Pustakawan Dispusip Jawa Timur Melakukan Pendampingan Akreditasi Di Banyuwagi

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp

Pustakawan Dispusip Jawa Timur Melakukan Pendampingan Akreditasi Di Banyuwagi

Banyuwangi – Akreditasi perpustakaan sekolah merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan perpustakaan di sekolah agar sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan. Setiap perpustakaan yang diakreditasi akan dinilai oleh tim asesor dari Perpustakaan Nasional dan timlah yang akan melakukan penialain, pemantauan dan pencocokkan keadaan sebuah perpustakaan sesuai dengan standardisasi perpustakaan. Pada tahun 2018, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia akan mengadakan akreditasi perpustakaan sekolah pada bulan Oktober 2018. Kabupaten Banyuwangi diberikan kesempatan untuk mengikuti akreditasi perpustakaan sebanyak 11 lembaga sekolah, diantaranya 2 Perpustakaan SD, 3 Perpustakaan SMP/MTs, dan 6 Perpustakaan SMA/SMK.

Kamis 4 Oktober 2018, Sri Wahyuni Hastarini, S.Sos., M.IP dan Sri Rahayu, S.Sos sebagai Pustakawan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur, terjun langsung ke Kabupaten Banyuwangi untuk melakukan pendampingan sebelum mengikuti akreditasi dari Perpustakaan Nasional RI pada tanggal 16 Oktober 2018 nanti.

Bertempat di Aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banyuwangi, kegiatan diawali oleh pembukaan dan sambutan dari Ka. Bidang Perpustakaan, Hj. Fitrin Kuntartini, S.Sos., M.Si. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa kesempatan bagi sekolah yang akan diakreditasi harap bisa dimanfaatkan secara optimal, mengingat akreditasi ini sebetulnya adalah pengajuan dari sekolah kepada tim yang berkompeten untuk melakukan akreditasi dan seringkali proses akreditasi ini harus memiliki porsi anggaran dalam pelaksanaannya. Untuk itu, kesempatan kerjasama antara Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Proinsi Jawa Timur dan Perpustakaan Nasional RI ini agar dapat dimaksimalkan sehingga sertifikat tersebut nantinya dapat digunakan pada saat akreditasi sekolah yang mensyaratkan perpustakaan sebagai salah satu komponen penilaian. Sertifikat tersebut dapat ditunjukkan sebagai bukti bahwa perpustakaan sekolah yang bersangkutan telah diakreditasi oleh Lembaga Akreditasi Perpustakaan sehingga validitasnya sudah tidak perlu diragukan.

Sejalan dengan hal tersebut, Pustakawan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur, melakukan pembahasan teknis serta dilanjutkan dengan sesi tanya jawab untuk memperkuat persiapan para sekolah calon peserta akreditasi. Diharapkan pertemuan kali ini dapat membuka wawasan dan pemahaman terkait persiapan akreditasi, komponen-komponen yang harus disiapkan disertakan dengan bukti fisik yang harus dilampirkan agar saat tim asesor visitasi, semua komponen tersebut dapat disajikan dengan matang dan menyeluruh, karena akreditasi ini juga sejatinya berfungsi sebagai alat kontrol sejauh mana peran dan fungsi perpustakaan sebagai pendukung pendidikan dan pemenuhan kebutuhan informasi para peserta didik dapat menjalankan tugasnya dalam memberikan pelayanan yang paripurna sesuai standardisasi perpustakaan. (*) Rama

 

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp

Apa Reaksi Anda?

Download Aplikasi Budiwangi!

Nikmati Cara Mudah dan Menyenangkan Membaca Buku Dalam Genggaman.

Download Aplikasi Budiwangi!

Nikmati Cara Mudah dan Menyenangkan Membaca Buku Dalam Genggaman.