Sempat dihentikan, Layanan Mobil Perpustakaan Keliling Kembali Eksis di Tahun 2021

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp

Sempat dihentikan, Layanan Mobil Perpustakaan Keliling Kembali Eksis di Tahun 2021

Banyuwangi –Mobil Perpustakaan Keliling (MPK) milik Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banyuwangi mulai aktif kembali mengunjungi Perpustakan sekolah se Kabupaten Banyuwangi pada 4/2/2021.

Layanan MPK diberikan kepada Perpustakaan sekolah yang melakukan kerja sama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banyuwangi. Layanan ini baru bisa dimulai kembali sejak absennya yang hampir setahun karena efek pandemi Covid-19. Efek pandemi ini menyebabkan terhentinya pelayanan MPK karena kegiatan belajar mengajar di sekolah beralih menggunakan sistem dalam jaringan (daring, red.).Awal tahun 2021 ini, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banyuwangi mulai menggeber kembali MPK-nya untuk melayani pemustaka di sekolah-sekolah se Kabupaten Banyuwangi. Secara bergilir, MPK mengunjungi sekolah-sekolah yang sudah melakukan kerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banyuwangi. Kunjungan awal dilakukan kepada sepuluh perpustakaan sekolah di wilayah kecamatan Kalibaru dan kecamatan Pesanggaran.Kepala Seksi Pembinaan dan Layanan Perpustakaan, Moch Sultony S.ST menjelaskan, bahwa pihaknya sudah menyiapkan empat unit kendaraan yang akan beroperasi sebagai perpustakaan keliling. Terdapat dua kendaraan perpustakaan keliling yang akan beroperasi setiap jadualnya dan akan bergantian selama masih masa pandemi ini. MPK ini membawa dua petugas perpustakaan yaitu driver dan petugas layanan sirkulasi buku. Dalam menjalankan tugasnya, masing-masing petugas dibekali dengan perlengkapan protokol kesehatan, seperti faceshield, masker dan hand sanitizer. Petugas juga dibekali pemahaman akan pentingnya menerapkan protokol kesehatan, karena mereka akan selalu bertemu dengan berbagai orang yang berbeda setiap harinya.Layanan perpustakaan keliling perdana ini menyasar perpustakaan sekolah paling ujung barat dan selatan Kabupaten Banyuwangi. Hal ini dilakukan karena jarak keterjangkauan dari layanan Perpustakaan Umum Daerah sangat jauh, sehingga mendapat prioritas awal untuk dikunjungi. Sesuai jadual yang sudah disusun. Pada kunjungan perdana ini, perpustakan sekolah yang dikunjungi adalah Perpustakaan SMA NU Kalibaru, Perpustakaan SMPN 2 Kalibaru, Perpustakaan MTSN Kalibaru, Perpustakaan SDIT Ihsan Cendekia, Perpustakaan SDN 1 Kalibaru Wetan, Perpustakaan SMKN Kalibaru, Perpustakaan MI Miftahul Qulub,  Perpustakaan SDN 8 Sumberagung, Perpustakaan SMPN 2 Pesanggaran dan Perpustakaan SDN 7 Sumberagung.

Pada kunjungi perdana ini, perpustakaan sekolah sangat antusias karena sudah hampir setahun tidak dilakukan kunjungan kepada perpustakaannya. Petugas perpustakaan sekolah melakukan peminjaman dan pengembalian buku yang ada pada MPK. Buku yang pada saat kunjungan terakhir belum dikembalikan, saat kunjungan perdana ini dikembalikan dan dilanjutkan dengan peminjaman koleksi yang ada pada MPK. Petugas MPK pun melakukan pencatatan pada jumlah koleksi yang dikembalikan dan koleksi yang dipinjam saat itu. Kegiatan seperti ini dilakukan kepada semua sekolah yang dikunjungi. Ketika saat kunjungan ternyata sekolah sudah tutup, maka akan dilakukan hal serupa pada jadual kunjungan berikutnya.

#salam_literasi

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp

Apa Reaksi Anda?

Download Aplikasi Budiwangi!

Nikmati Cara Mudah dan Menyenangkan Membaca Buku Dalam Genggaman.

Download Aplikasi Budiwangi!

Nikmati Cara Mudah dan Menyenangkan Membaca Buku Dalam Genggaman.